Featured
- Get link
- X
- Other Apps
Perilaku Konsumen : Pengertian, Midel-model Perilaku Konsumen, Faktor Pengaruh Perilaku Konsumen
1. Mengapa pemasar harus memahami konsumen ?
- Karena adanya Persaingan.
- Konsumen bebas memilih produk dan merk yang di belinya.
- Keputusan membeli ada pada diri konsumen.
- Konsumen akan menggunakan berbagai kriteria dalam membeli.
- Konsumen adalah RAJA
- Motivasi dan perilaku konsumen dapat di mengerti melalui penelitian.
- Perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui beberapa kegiatan dengan maksut tertentu
- Bujukan dan pengaruh konsumen memiliki hal yang menguntungkan secara sosial asal semuanya dalam keadaan normal.
Studi perilaku konsumen meliputi :
- Riset
- laporan jurnal pemasaraan
- Media massa
- Pertemuan rutin komunitas pemasar
2. Siapa yang perlu memahami konsumen?
Produsen, marketer, pembisnis
Mengapa ?
Perilaku Konsumen adalah
proses dan aktivitas seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan serta mengevaluasi produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan. Tujuannya adalah Memeproleh kepuasan pelanggan.
Sehingga ilmu perilaku konsumen dibutuhkan untuk mengidentifikasi apa kebutuhan
dan keinginan konsumen dan elanggan tersebut sehingga pemasar mampu menyusun
dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat untuk karakteristik
konsumen yang menjadi target pasar.
3. Model-model perilaku konsumen
1. Stimulasi Pemasaran
- Harga
- Produk
- Distribusi
- Promosi
` 2. Stimulasi Lainnya
- Ekonomi
- Teknologi
- Politik
- Budaya
3.
Karakteristik Pembeli
- Budaya
- Sosial
- Pribadi
-
Psikologis
4. Proses
Keputusan Pembeli
-
Pengenalan masalah
- Pencarian
informasi
- Keputusan
pembeli
- Perilaku
pembeli
5.
Keputusan Pembeli
- Pihak
produk
- Pilihan
Merk
- Pemasok
- Penentu
saat pembelian
- Jumlah
pembelian
Memperlihatkan
bahwa rangsangan pemasaran, seperti produk, harga, tempat dan promosi dan
rangsangan lain (lingkungan) meliputi ekonomi, teknologi, politik dan budaya,
memasuki kesadaran pembeli. Karkteristik pembeli dan proses keputusan pembeli,
mulai dari pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi, keputusan sampai
pada perilaku pasca pembelian menimbulkan keputusan pembelian tertentu yaitu
pilihan produk, pilihan merk, pilihan penyalur, waktu pembelian dan jumlah
pembelia. Tugas pemasar adalah memahami apa yang terjadi dalam kesadaran
pembeli mulai dari kedatangan rangsangan dari luar dan keputusan pembelian.
4. Faktor mempengaruhi persepsi konsumen
Persepsi adalah proses bagaimana seseorang individu memilih, mengorganisasi, dan menginterpretasikan masukan-masukan infonnasi untuk menciptakan gambaran dunia yang memiliki arti. Sebagian perilaku manusia adalah hasil belajar. Akhirnya melalui bertindak dan belajar, orang mendapatkan keyakinan dan sikap. Hal ini kemudian mempengaruhi perilaku pembelian mereka. Keyakinan (beliefs) adalah pemikiran deskriptif yang dianut seseorang tentang suatu hal, dan yang tak kalah pentingnya dengan keyakinan adalah sikap (attitude).
a. Faktor Internal
Faktor
yang mempengaruhi persepsi berkaitan dengan kebutuhan psikologis, latar
belakang pendidikan, alat indera, syaraf atau pusat susunan syaraf, kepribadian
dan pengalaman penerimaan diri serta keadaan individu pada waktu tertentu.
b. Faktor Eksternal
Faktor
ini digunakan untuk obyek yang dipersepsikan atas orang dan keadaan, intensitas
rangsangan, lingkungan, kekuatan rangsangan akan turut menentukan didasari atau
tidaknya rangsangan tersebut. Faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi
adalah sebagai berikut:
1. Ukuran dan
penempatan dari obyek atau stimulus.
Faktor
ini menyatakan bahwa semakin besarnya hubungan suatu obyek, maka semakin mudah
untuk dipahami. Bentuk ini akan mempengaruhi persepsi individu dan dengan melihat
14 bentuk ukuran suatu obyek individu akan mudah untuk perhatian pada
gilirannya membentuk persepsi.
2. Warna dari
obyek-obyek.
Obyek-obyek
yang mempunyai cahaya lebih banyak, akan lebih mudah dipahami (to be perceived)
dibandingkan dengan yang sedikit.
3. Keunikan dan
kekontrasan stimulus.
Stimulus
luar yang penampilannya dengan latar belakang dan sekelilingnya yang sama
sekali di luar sangkaan individu yang lain akan banyak menarik perhatian.
4. Intensitas
dan kekuatan dari stimulus.
Stimulus
Intensitas dan kekuatan dari stimulus. Stimulus dari luar akan memberi makna
lebih bila lebih sering diperhatikan dibandingkan dengan yang hanya sekali
dilihat. Kekuatan dari stimulus merupakan daya dari suatu obyek yang bisa
mempengaruhi persepsi.
5. Motion atau
gerakan.
Individu akan
banyak memberikan perhatian terhadap obyek yang memberikan gerakan dalam
jangkauan pandangan dibandingkan obyek yang diam.
- Get link
- X
- Other Apps
Popular Posts
Cek dan Bilyet Giro, Contoh, Syarat, dan Bagian-bagian
- Get link
- X
- Other Apps
TARIF PARKIR STASIUN PASAR TURI SURABAYA 2021/2022 : PARKIR INAP STASIUN PASAR TURI SURABAYA
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment